Posted by: wahyukdephut | February 23, 2010

PEMANFAATAN SEED SOIL & MIKORIZA UNTUK REVEGETASI

Keberadaan seed soil (biji yang terkubur dalam tanah) memberikan harapan besar dalam pelaksanaan kegiatan restorasi, seed soil yang terdapat dalam ekosistem acuan berpotensi besar untuk dijadikan sumber benih untuk memulihkan biodiversity kawasan yang akan di restorasi.

Hal yang perlu dipahami berkaitan dengan seed soil adalah seed soil terdiri dari biji yang dormance dan viable serta biji yang tidak viable, seed soil yang berupa biji yang dormance dan viable inilah yang berpotensi dikembangkan sebagai sumber benih dalam kegiatan restorasi. Berkaitan dengan kondisinya yang dormance maka dalam aplikasinya untuk kegiatan restorasi (seed soil augmentation) diperlukan upaya untuk mematahkan masa dormansi seed soil tersebut, beberapa perlakuan dapat ditambahkan diantaranya dengan memberikan Humic Acid. Pemberian Humic Acid akan mampu mematahkan masa dormancy selain itu juga akan meningkatkan germinated value sehingga selain terjadi peningkatan jumlah jenis yang berkecambah akan terjadi peningkatan jumlah individu yang berkecambah.

Mycorrhiza merupakan struktur akar yang terbentuk akibat asosiasi simbiosis antara akar tanaman dan jamur yang pada umumnya mutualisme. Mycorrhiza umumnya terbagi kedalam ectomycorrhiza dan endomycorrhiza. Micorrhiza mempunyai fungsi seperti akar tetapi fungsinya lebih daripada akar karena dapat mengambil air dan unsure hara pada pori-pori yang kecil serta dapat menyerap unsure hara tersedia yang tidak dapat langsung diserap tanaman. Keberadaan micorrhiza ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keberhasilan dalam kegiatan restorasi jika micorrhiza digunakan dengan benar yaitu akan berfungsi jika sudah menginfeksi akar tanaman, cocok dengan inangnya saja tidak akan memberikan dampak terhadap tanaman tetapi harus digunakan micorrhiza yang efektif yaitu memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman serta viable.

Read more :SEED SOIL & MIKORIZA FOR RESTORATION


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: