Posted by: wahyukdephut | February 23, 2010

PERBAIKAN KONDISI TANAH (SOIL AMANDMENT)

Hal yang terpenting berkaitan dengan kondisi biofisik adalah informasi tentang kondisi tanah dimana tanah merupakan media tumbuh tanaman yang akan menentukan tanaman dapat hidup atau tidak. Akar merupakan organ tanaman yang penting untuk tanaman dapat hidup karena akar merupakan organ vital yang berperan dalam penyerapan unsur-unsur hara dan air untuk produksi makanan yang diperlukan tanaman untuk hidup. Agar akar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, mempunyai kemampuan dengan cepat untuk menembus lubang tanam sehingga tanaman dapat substain dibutuhkan kondisi tanah yang mampu mendukung/sesuai untuk pertumbuhan tanaman (tidak adanya problem dan kendala yang menghambat pertumbuhan tanaman), yaitu : kondusif bagi perkaran, tidak kompak, tidak tergenang, tidak ada kompetisi, ketersediaan unsur hara harus ada, harus cukup dan tersedia, harus seimbang dan kontinyu.

Perbaikan kondisi tanah (soil amendment) dilakukan apabila hasil analisa sample tanah yang telah dilakukan menunjukkan adanya problem atau kendala atau constraint-constraint yang menghambat pertumbuhan tanaman.

Dengan diketahuinya kendala/constraint-constraint pertumbuhan tersebut diatas maka langkah selanjutnya dapat ditentukan tindakan perbaikan kondisi tanah (soil amendment) yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan secara spesifik sesuai dengan constraintnya pada lahan-lahan yang telah diblocking, tindakan ini juga dapat menghemat biaya perbaikan kondisi tanah.

Berikut beberapa tindakan perbaikan kondisi tanah (soil amendment) yang dapat dilakukan………

Read more :
SOIL AMANDMENT


Leave a comment

Categories