Posted by: wahyukdephut | February 7, 2018

Tips Membuat Data Berulang di Excel : Manfaatkan Fungsi Index() dan Row()

Kadang kita dihadapkan pada sebuah data di dalam tabel yang perlu di restruktur ulang menyesuaikan dengan struktur data yang dibutuhkan dalam analisis data, misalnya data pengukuran berulang yang sering kali dalam spreadsheet kita input ke arah horizontal (kolom) sehingga memudahkan dalam perhitungan perlu di restruktur ke arah vertikal (baris) jika akan dimasukkan dalam sebuah database.

Contohnya : terdapat list data seperti pada kolom A, dan kemudian kita membutuhkan data yang sudah ada berulang beberapa kali.

Jika datanya hanya sedikit tidak akan menjadi masalah, dapat dilakukan secara manual. Tetapi jika data nya bagaimana melakukannya?

Berikut Tipsnya, yaitu memanfaatkan Fungsi Index() dan Row()

  • Jika data awal dimulai dari baris ke-2
  • Letakkan posisi data sesuai dengan jumlah ulangan dari data yang diinginkan, misalnya kita akan membuat data berulang 2x, maka penulisan data berulang dimulai baris ke-2, berulang 3x dimulai baris ke-3 dan seterusnya.
  • Tuliskan fungsi : INDEX($A$2:$A$6,ROW()/2)

“$A$2:$A$6” merupakan area dari list data awal yang ingin kita buat berulang, jgn lupa di beri tanda “$” supaya area refrencenya tidak berubah,  sedangkan “2” pada “ROW()/2” adalah jumlah ulangan yang kita inginkan, maka jika kita ingin datanya berulang 3x maka nilai ini diganti 3, dan seterusnya.

  • Copy fungsi kebawah
  • Data berulang sesuai yang kita inginkan pada kolom C, D, E…

data_berulang


Leave a comment

Categories