Posted by: wahyukdephut | August 30, 2012

CADANGAN KARBON PADA PEKARANGAN DI HULU DAS KALIBEKASI

CADANGAN KARBON PADA PEKARANGAN DI HULU DAS KALIBEKASI

(Carbon stock in home garden at  the Upstream of Kali Bekasi Watershed)

Wahyu Catur Adinugroho, Andry Indrawan, Supriyanto, Hadi Susilo Arifin

Pekarangan merupakan salah satu tipe agroforestri yang ada di Indonesia, pekarangan juga merupakan kebun campuran tetapi pada umumnya berada di sekitar rumah pada posisi bagian depan, belakang, samping kanan atau samping kiri tergantung ketersediaan areal serta pada umumnya disertai pagar pembatas yag jelas. Kondisi inilah yang membedakan antara kebun campuran dan pekarangan, selain itu fungsi antara kebun campuran dan pekarangan terdapat sedikit perbedaan, kebun campuran pada umumnya difungsikan untuk tujuan produktivitas sedangkan pekarangan selain kadang memiliki fungsi produktivitas juga mempunyai fungsi untuk keindahan dan kenyamanan tinggal. Luas pekarangan sangat beragam, menurut Arifin et al. (2006) luas pekarangan dapat diklasifikasikan dalam 4 kelas, yaitu: pekarangan sempit < 200 m2, pekarangan sedang 200-500 m2, pekarangan besar 500-1.000 m2, dan pekarangan sangat besar > 1.000 m2. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa luas pekarangan di lokasi penelitian berbeda-beda mulai dari 0 m2 (tidak berpekarangan) sampai lebih dari 1.000 m2. Ilustrasi pekarangan di Hulu DAS Kali Bekasi dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar  1. Pekarangan di Hulu Das Kali Bekasi

A.      Potensi Cadangan Karbon Pekarangan Dibandingkan Penggunaan Lahan Lainnya Di Hulu Das Kalibekasi.

Secara umum cadangan karbon pada RTH Permanen pada areal lahan pribadi (Kebun Campuran, Kebun Bambu dan Pekarangan) lebih rendah dibandingkan pada RTH Permanen pada areal publik (Hutan Pinus, Hutan Alam dan RTH Publik) (Gambar 2), hal ini menunjukkan pentingnya mengelola dan mempertahankan kawasan RTH Publik sebagai daya dukung lingkungan. Meskipun demikian RTH Permanen pada areal lahan pribadi yang pada umumnya berbentuk agroforestri turut berperan penting dalam mendukung/meningkatkan fungsi RTH sebagai cadangan karbon ditengah berkurangnya luasan RTH Permanen publik.

B.   Cadangan Karbon Di Pekarangan Pada Berdasarkan Lokasi Ketinggian Dan Modernitas Pemukiman Di Hulu Das  Kalibekasi

Secara statistik pada tingkat kepercayaan 99%, rata-rata cadangan karbon tidak terdapat perbedaan yang nyata pada berbagai lokasi pengamatan tetapi secara relatif ditunjukkan pada gambar diatas, pekarangan di Hulu DAS Kali Bekasi Bagian Bawah mempunyai rata-rata cadangan karbon yang paling besar dibandingkan pekarangan di di Hulu DAS Kali Bekasi Bagian Tengah, Bagian Atas dan Wilayah Kota. Terdapatnya vaariasi cadangan karbon tersebut sangat dipengaruhi oleh dimensi struktur tegakan penyusun pekarangan yaitu kerapatan tegakan dan luas bidang dasar dimana pekarangan di Hulu DAS Kali Bekasi Bagian Bawah memiliki rata-rata paling besar pada dimensi tersebut, seperti terlihat pada tabel berikut.

Pada Hulu DAS Kali Bekasi Bagian Atas memiliki rata-rata cadangan karbon paling kecil di bandingkan Bagian Tengah dan Bawah, hal ini dimungkinkan pada pekarangan di Bagian Atas masyarakat lebih memanfaatkan ruang yang ada untuk tanaman pertanian seperti cabe, pepaya, pisang dan sedikit tanaman buah-buahan berkayu yang berdiameter kecil seperti jeruk, duku, mangga sedangkan pohon-pohon yang berdiameter besar ditanam pada lahan dengan sistem kebun campuran. Hal sebaliknya di pekarangan Tengah dan Bawah masih banyak dijumpai pohon-pohon berdiameter besar terutama pada pekarangan besar, sedangkan pada pemukiman modern masih dapat dijumpai pohon-pohon tanaman buah seperti mangga, rambutan diantara tanaman hias yang menyusun pekarangan tetapi jenis yang ditanam merupakan jenis yang telah mengalami pemuliaan sehingga pada umumnya memiliki diameter yang kecil.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: