Posted by: wahyukdephut | February 13, 2011

Menanam dalam Keterbatasan untuk Mewujudkan Hutan Lestari (Oleh : Wahyu Catur Adinugroho)

KabarIndonesia Selopuro, itulah nama dusun yang menjadi potret penulis. Selopuro merupakan salah satu dusun di kecamatan batuwarno, kabupaten wonogiri propinsi jawa tengah. Melihat namanya saja, orang jawa pasti sudah mengetahui bagaimana kondisi dusunnya, karena pada umumnya nama suatu dusun diambil dari sesuatu yang terjadi pada daerah tersebut atau keberadaan sesuatu yang khas pada daerah itu. Selopuro berasal dari bahasa jawa yang terdiri dari 2 kata yaitu “selo” dan “puro”. Dalam bahasa jawa, “selo” berarti batu dan “puro” dapat diartikan sebagai kerajaan sehingga selopuro dapat diartikan sebagai kerajaan batu, ya memang kondisi inilah yang ada di dusun selopuro. Hampir sebagian besar wilayah yang ada di dusun selopuro berupa areal perbukitan yang dipenuhi dengan batu-batu sehingga masyarakat memerlukan kearifan tersendiri dalam menyikapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dari kondisi yang ada.

Ditengah maraknya upaya pemerintah untuk membangun hutan kembali dengan berbagai program seperti , GERHAN, OMOT (One Man One Tree), gerakan menanam sepuluh pohon, seratus pohon, sejuta pohon atau semilyar pohon, yang terkesan hanya “celebration” dan formalitas melaksanakan program dan anggaran. penulis melihat bahwa apa yang terjadi di Selopuro adalah suatu motivasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk kembali membangun hutan.

Dengan apa yang telah dirasakan sebelum terbangunnya hutan (sebelum tahun 1960-an), kesulitan mendapatkan sumber air, banjir dan longsor, kesejahteraan dan tingkat pendidikan yang sangat rendah telah mendorong warga selopuro untuk bersikap arif terhadap kondisi ekonomi dan geologis yang ada.

………………………………………………………..>>>>>

 read more : http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=4&jd=Menanam+dalam+Keterbatasan+untuk+Mewujudkan+Hutan+Lestari&dn=20100611113123


Responses

  1. hello, I recently read your paper abstract: KONTRIBUSI SISTEM AGROFORESTRI
    TERHADAP CADANGAN KARBON DI HULU DAS KALI BEKASI and I have some questions, could you please e-mail me? celinejennison@gmail.com
    many thanks, Céline


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: