Posted by: wahyukdephut | February 10, 2009

KARAKTERISTIK HABITAT DAN EKOLOGI POHON PENGHASIL KULIT KAYU GEMOR

Wahyu Catur Adinugroho, S.Hut

 

RINGKASAN PENELITIAN       :

 

A.   Latar Belakang

Salah satu hasil hutan non kayu yang dihasilkan hutan rawa gambut adalah kulit kayu gemor. Kulit kayu gemor ini dimanfaatkan sabagai salah satu bahan dasar obat nyamuk. Pengumpulan kulit kayu gemor hingga tahun 1998an merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar hutan rawa gambut. Dampak pengumpulan yang berlebihan dan teknik pengumpulan dengan cara menebang pohon gemor berakibat terganggunya kelestarian pohon gemor sehingga saat ini sulit untuk menemukan pohon gemor terlebih pohon gemor yang berdiameter besar. Berdasarkan kondisi ini sangat perlu untuk membudidayakan pohon gemor guna menjaga kelesatariannya dan mempunyai nilai ekonomis. Untuk kegiatan budidaya, diperlukan informasi karakteristik dari pohon tersebut sehingga tidak salah jenis yang ditanam serta informasi kondisi habitat dan ekologi dari pohon tersebut sehingga pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik karena ditanam pada kondisi ekologi dan habitat yang sesuai.

 

B.    Tujuan

Penelitian Karakteristik Habitat dan Ekologi Pohon Penghasil Kulit Kayu Gemor dilakukan untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kesuaian habitat dan ekologi yang menjadi persayaratan tumbuh dari pohon penghasil kulit kayu gemor yang ingin dikembangkan.

 

C.    Metode Penelitian

Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka dilakukan pengumpulan data dengan bantuan berbagai alat seperti clinometer, hygrometer, termometer, kompas, GPS, pita ukur, dll,  meliputi data penunjang maupun data utama. Data utama diperoleh melalui pengamatan langsung terhadap aspek habitat dan ekologi pada plot penelitian sebagai cuplikan di lapangan. Selanjutnya data-data tersebut dilakukan analisa untuk mengetahui deskripsi botani pohon penghasil kulit kayu gemor, kondisi vegetasi (komposisi, dominasi, asosiasi dan keanekaragaman) dan kondisi lingkungan (suhu, kelembaban, curah hujan, tanah) serta kandungan kimia dari bagian pohon gemor.

 

D.   Hasil Penelitian

Penelitian dilakukan di Dsn Jengan dan Ds. Long Daliq, Kab. Kutai Barat Kalimantan Timur dan Dsn. Tuanan, Kab. Kapuas Kalimantan Tengah yang menjadi habitat pohon gemor.

 

Read more : ringkasan-gemor


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: