Posted by: wahyukdephut | February 23, 2010

KONSEP RESTORASI

Kegiatan restorasi yang dilaksanakan kadang tidak tepat sasaran, hal ini terjadi karena kurang atau tidak memahami bahwa hutan memiliki berbagai fungsi, yaitu Hutan Produksi, Hutan Konservasi dan Hutan Lindung. Kegiatan restorasi kadang disama ratakan meskipun memiliki fungsi hutan yang berbeda, sebagai contoh : karena euphoria konservasi, kegiatan restorasi senantiasa diarahkan menjadi hutan konservasi, padahal kawasan tersebut merupakan kawasan hutan yang memiliki fungsi produksi atau lindung. Hal tersebut adalah tidak benar, kegiatan restorasi harus dijalankan sesuai dengan fungsinya masing-masing hutan karena struktur tegakannya berbeda.

Pemahaman mengenai struktur hutan dan fungsi hutan ini menjadi hal yang penting karena kerusakan hutan selalu berkaitan dengan struktur dan fungsi hutan, hutan yang telah rusak akan mempunyai struktur tegakan yang berbeda dengan kondisi awalnya sehingga fungsi hutan tersebut akan terganggu. Struktur hutan senantiasa berkaitan erat dengan fungsi hutan, suatu struktur hutan akan membentuk hutan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu konsevasi, produksi atau lindung. Dalam kaitannya dengan kegiatan restorasi maka restorasi ditujukan untuk memulihkan kembali struktur tegakan seperti kondisi awalnya sehingga kawasan hutan tersebut dapat menjalankan fungsinya seperti fungsi awalnya. Adapun parameter suatu struktur tegakan diantaranya yaitu : kekayaan jenis, kerapatan, distribusi, dominasi, asosiasi, crown density.

Restorasi biasanya terdiri dari kegiatan reklamasi (melibatkan kegiatan civil engineering, berhubungan dengan pemulihan kondisi tanah) dan revegetasi (mengembalikan pohon, shrub, dll). Restorasi didefinisikan sebagai upaya memperbaiki atau memulihkan kondisi lahan yang rusak dengan membentuk struktur dan fungsinya sesuai (mendekati) dengan kondisi awal.

Read more :KONSEP RESTORASI

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 656 other followers

%d bloggers like this: